BPT HTM Padang Mengatas, Payakumbuh, Sumatera Barat

by - Juli 26, 2017


#MP_jalanjalan kali ini mempersembahkan BPT-HTM Padang Mengatas di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Komplek Peternakan milik Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas, Kementerian Pertanian ternyata punya sejarah panjang. Fasilitas peternakan ini adalah warisan pendudukan Belanda di Indonesia yang sempat menjadi area peternakan terbesar se-Asia Tenggara.

Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas pertama kali didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1916.

Saat itu hewan yang diternakkan adalah kuda. Baru pada tahun 1935 didatangkan sapi Zebu dari Benggala, India untuk dikembang biakan. Perjalanan peternakan ini tidak begitu mulus, bakan berkali-kali hancur, dan berkali-kali pula nyaris 'mati'. Perjalanan peternakan ini tidak mulus. Pada Zaman Revolusi Kemerdekaan sekitar tahun 1945 –1949 kegiatan peternakan di area ini terhenti.

Baru, kemudian pada tahun 1950 oleh Wakil Presiden Dr. Moh. Hatta dipugar kembali dan tahun 1951 – 1953 dijadikan sebagai Stasiun Peternakan Pemerintah dan di beri nama Induk Taman Ternak (ITT) Padang Mengatas.

Sayang, pada tahun 1958 –1961 terjadi pergolakan PRRI, dan lokasi ITT Padang Mengatas dijadikan sebagai basis pertahanan PRRI sehingga ITT Padang Mengatas rusak berat. Lalu, dibenahi kembali oleh Pemerintah Daerah Sumatera Barat pada tahun 1961.

Tahun 1973 –1974 Pemerintah Jerman mengadakan kajian di ITT Padang Mengatas maka pada tahun 1974 – 1978 dilakukan kerjasama pembangunan kembali ITT Padang Mengatas antara pemerintah RI dan Jerman melalui proyek Agriculture Development Project (ADP). _______________________________________

Foto oleh : @airasoraya
Moderator : @pebripalala
Ponsel : Ipad
Sumber : detik.com
_______________________________________

Happy Traveling!
Abadikan Indonesia dengan ponselmu!!

Info Jalanjalan Lainnya

0 komentar