Gedung Kesyahbandaraan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur

by - Juli 26, 2017


#MP_jalanjalan kali ini mempersembahkan Gedung Kesyahbandaraan Tanjung Perak di Surabaya, Jawa Timur.

Gedung Kesyahbandaraan Tanjung Perak, atau tepatnya bernama Gedung Adminitrasi Pelabuhan (Adpel) Tanjung Perak berlokasi di jalan kalimas baru 194 surabaya. Di sekitar area kesyahbandaran ini semua gedung bernomor no 194, namun bangunan adpel ini tampak khas seperti bangunan gereja. Bangunan induk kantor adpel ini menyatu dengan menara suar hal inilah yang memberi kesan seperti bangunan gereja.

Melihat lokasi berdirinya Bangunan Adpel ini di muara kalimas, maka inilah bangunan cagar budaya yang letaknya paling ujung.

Selain jadi saksi tumbuh dan berkembangnya perdagangan di surabaya, bangunan yang mulanya berfungsi sebagai menara pengawas sekaligus mercusuar penandah lokasi pelabuhan tanjung perak, juga perna berperan dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai markas perjungan Serikat Pelayaran Indonesia.

Dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia pada tahun 1945,  gedung ini perna dipakai sebagai markas S.P.I (Serikat Pelayaran Indonesia) yang kemudian tergabung ke dalam B.K.R Laut.

Serikat Pelayaran Indonesia berperan menghimpun para pelaut dan pekerja bangunan untuk ikut melakukan gerakan perlawanan bawah tanah. Mengumpulkan informasi gerakan kapal dan pasukan musuh, mencuri senjata untuk diserahkan kepada pejuang, sabotase terhadap kepentingan musuh.

Selanjutnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya menetapkan Gedung syahbandar serta Menara pengawas sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi Undang-Undang.

Dalam kegiatan sehari-hari bangunan peninggalan kolonial Belanda ini masih digunakan dalam kegiatan yang menyangkut aktivitas pelabuhan. Semenjak bangunan kuno ini didirikan sehingga sekarang gedung ini memiliki fungsi yang sama.

_______________________________________

Foto oleh : @dindahnurma
Moderator : @pebripalala
Ponsel : Xiaomi Redmi 2
Sumber : pesonacagarbudayasurabaya.wordpress.com
_______________________________________

Happy Traveling!
Abadikan Indonesia Dengan Ponselmu!!

Info Jalanjalan Lainnya

0 komentar