Candi Plaosan, Klaten, Jawa Tengah

by - Juli 11, 2017


#MP_jalanjalan kali ini mempersembahkan Candi Plaosan, kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, kira-kira 1,5 km ke arah timur dari Candi Sewu. Candi ini merupakan sebuah kompleks bangunan kuno yang terbagi menjadi dua, yaitu kompleks Candi Plaosan Lor (lor dalam bahasa Jawa berarti utara) dan kompleks Candi Plaosan Kidul (kidul dalam bahasa Jawa berarti selatan). Pahatan yang terdapat di Candi Plaosan sangat halus dan rinci, mirip dengan yang terdapat di Candi Borobudur, Candi Sewu, dan Candi Sari.


Candi Plaosan yang merupakan candi Buddha ini oleh para ahli diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu, yaitu pada awal abad ke-9 M. Salah satu pakar yang mendukung pendapat itu adalah De Casparis yang berpegang pada isi Prasasti Cri Kahulunan (842 M). Dalam prasasti tersebut dinyatakan bahwa Candi Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan, dengan dukungan suaminya. Menurut De Casparis, Sri Kahulunan adalah gelar Pramodhawardani, putri Raja Samarattungga dari Wangsa Syailendra. Sang Putri, yang memeluk agama Buddha, menikah dengan Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya, yang memeluk agama Hindu.

Candi Plaosan mungkin menjadi salah satu bangunan super-romantis karena dibangun sebagai perwujudan kekuatan cinta. Cinta universal yang melampaui sekat-sekat perbedaan, bahkan perbedaan yang mendasar dan sangat ideologis; agama.
_______________________________________
Foto oleh : @dyk.sp
Moderator : @fitrianivirgadii
Ponsel : Xiaomi Mi5
Sumber : candi.Perpusnas.go.id / kompasiana.com
_______________________________________

Happy Traveling!!
Abadikan Indonesia dengan ponselmu!

Info Jalanjalan Lainnya

0 komentar