Gumuk Pasir, Parangkusumo, DI Yogyakarta

by - Juli 24, 2017


#MP_jalanjalan kali ini mempersembahkan Gumuk Pasir Parangkusumo di DI Yogyakarta.

Indonesia adalah negara dengan ragam kenampakan topografi yang sangat tinggi. Dari kesepuluh klasifikasi bentuk lahan yang ada di dunia semua ada di Indonesia. Bahkan 8 diantaranya ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini yang menyebabkan DIY boleh jadi dinobatkan sebagai Provinsi dengan bentuklahan terlengkap di dunia. Mulai dari kenampakan gunung api merapi di sebelah utara, kenampakan pegunungan karst Gunugkidul, beberapa sungai besar, pegunungan lipatan di Imogiri, Serta kenampakan pesisir pantai di sebelah selatan. Salah satu fenomena kepesisiran yang menakjubkan di Indonesia adalah keberadaan Gumuk Pasir di Pesisir selatan Yogyakarta, tepatnya di Parangkusumo.

Pantai Parangkusumo terletak di Yogyakarta, dekat dengan Pantai Parangtritis. Di pantai itu, terdapat hamparan gurun pasir membentang. Gurun pasir itu membentuk gundukan-gundukan yang disebut gumuk.

Gumuk pasir Parangkusumo jadi tempat favorit para penggemar olahraga sandboarding . Mereka memakai papan seluncur dan alat pengaman berupa helm serta pengaman tangan dan lutut.

Para pemain sandboarding meluncur cepat di gumuk pasir dari ketinggian 5 – 7 meter! Seluruh tubuh memang bakal kotor terkena pasir. Olahraga ini cuma ada 2 didunia, yaitu di Meksiko dan Indonesia.

________________________________________

Foto oleh: @brinkayunanda
Moderator: @pebripalala

________________________________________

Happy Traveling!
Abadikan Indonesia Dengan Ponselmu!!

Info Jalanjalan Lainnya

0 komentar