Taman Prasejarah Leang Leang, Maros, Sulawesi Selatan

by - Juli 24, 2017


#MP_jalanjalan kali ini mempersembahkan Taman Prasejarah Leang Leang dari, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Taman Prasejarah Leang Leang adalah obyek wisata andalan Kabupaten Maros. "Leang-leang" sendiri, dalam bahasa setempat memiliki arti "gua". Di taman ini terdapat banyak gua prasejarah yang menyimpan peninggalan arkeologis yang unik dan menarik.

Menurut data arkeologi, ditemukan atas lukisan dinding gua berupa gambar babi rusa 1 ekor dan gambar cap telapak tangan 22 buah dan telapak tangan hingga siku 6 buah yang kesemuanya menggunakan zat berwarna merah, posisi panel pada langit-langit bagian tengah, dengan sikap gambar tegak 4, miring 8 dan rebah 16 temuan lain berupa alat batu mikrolit termasuk mata panah yang sisinya bergerigi juga ditemukan di situs ini tetapi tidak berada di dalam rongga dan pelataran gua, justru menyebar di bagian lahan di bawah pelataran gua.

Leang Leang terletak di dalam wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di daerah Maros Pangket. Pegunungan Karst yang sudah berumur ribuan tahun ini diakui sebagai kawasan karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou di China. Meliputi area seluas 43.750 hektar, wilayah ini memiliki 286 goa dengan lebih dari 30 goa prasejarah.

________________________________________

Foto oleh: @yusuftheblues
Moderator: @pebripalala

________________________________________

Happy Traveling!
Abadikan Indonesia Dengan Ponselmu!!

Info Jalanjalan Lainnya

0 komentar