Bendungan Sampean Baru, Bondowoso, Jawa Timur

by - Juli 24, 2017


#MP_jalanjalan kali ini mempersembahkan Bendungan Sampean Baru di Bondowoso, Jawa Timur.

Dibangun sejak tahun 1983, sampai saat ini bendungan masih berfungsi dengan baik. Untuk sampai ke Bendungan Sampean Baru, hanya butuh 20 menit dari pusat kota dengan menempuh jarak sekitar 17 KM melalui jalan raya menuju arah Situbondo. Jalan masuk menuju bendungan cukup membuat mata segar. Pasalnya hamparan lahan sawah dan perkebunan menghiasi sepanjang area masuk. Terlebih ketika sampai di lokasi DAM, tidak cukup dengan mengutarakan kata “indah”. Suasana sejuk, melihat aliran air sungai yang tenang, membuat otak dan badan jadi relaks.

Bondowoso tidak mempunyai danau alami. Jadi hanya tempat ini yang bisa dikunjungi kalau ingin mendapatkan suasana danau yang menyejukkan.

Lokasi yang eksotis dengan pemandangan yang luar biasa dan dikelilingi oleh pegunungan, membuat Bendungan ini sering dijadikan tempat untuk berlibur dan berfoto bersama. DAM yang dikelola Pemerintah Provinsi Jatim ini sering juga dikunjungi pemuda pemudi dan keluarga untuk menikmati suasana hening. Tak jarang pula, pengunjung memanfaatkan area Bendungan untuk foto Pre – Wedding.

Namun dilihat dari manfaatnya, Bendungan Sampean Baru sebenarnya berfungsi untuk mengairi lahan seluas 9.800 ha. Bangunan bekas jaman Belanda ini, berdiri kokoh 26 meter diatas dasar sungai dengan panjang 670 m dan lebar 4 m. Bendungan Sampean Baru merupakan bendung penyadap air, dibangun di atas batuan pumice tuff yang muncul di kedua tebingnya. Tubuh bendung dibuat dengan konstruksi mass concrete dan panjangnya dibagi dalam 14 block yang masing masing dipisahkan dengan contruction joint.

_______________________________________

Foto oleh: @fahmiluthfillah
Moderator: @pebripalala

_______________________________________

Happy Traveling!
Abadikan Indonesia Dengan Ponselmu!!

Info Jalanjalan Lainnya

0 komentar