Gunung Sibayak, Karo, Sumatera Utara

by - Juli 24, 2017


#MP_jalanjalan kali ini mempersembahkan Gunung Sibayak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Gunung Sibayak adalah sebuah gunung yang menghadap ke kota Berastagi di Sumatera Utara. Orang suku Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutuan "gunung Raja". Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan.

Ketinggian gunung itu  sekitar 2.094 m dari permukaan laut. Dari Desa Sibayak, terlihat jelas kondisi  kawahnya yang agak landai (terlihat dari belakang kawasan pembangkit tenaga  uap), yang kelihatannya seperti  membelah  gunung. Sekitar pukul 15:00 WIB, kabut mulai kelihatan di sekitar puncak gunung  hingga ke bagian bawahnya, dan tidak lama kemudian, kabut mulai menyebar hingga  ke Desa Semangat Gunung. Kondisi kabut seperti ini, sama dengan kondisi kabut  yang ada di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah atau di Genting Highlands, Malaysia.

Gunung itu terlihat begitu  indah dan menjadi daya tarik banyak pengunjung, terutama para pendaki gunung. Pada  malam Minggu, biasanya pukul 02:00 WIB merupakan malam favorit bagi para  pendaki untuk mendaki ke puncak gunung, untuk melihat keindahan panorama matahari  terbit. Dari puncak gunung terlihat Kota Medan, di mana pada malam harinya, Kota medan terlihat lebih indah dengan kemilau lampu-lampu kotanya.

____________________________

Kami selaku Moderator #MP_Jalanjalan mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga di usianya yang ke 70 th Indonesia semakin damai.
Maju terus pariwisata Indonesia!! Kenali Negrimu, Cintai Negrimu!

________________________________________

Foto oleh: @rickyfebriand
Moderator: @pebripalala

________________________________________

Happy Traveling!
Abadikan Indonesia Dengan Ponselmu!!

Info Jalanjalan Lainnya

0 komentar