Bungker Kaliadem, Sleman, DI Yogyakarta

by - Januari 22, 2018


#MP_jalanjalan kali ini mempersembahkan Bunker Kaliadem, Sleman, Yogyakarta.


Objek Wisata Bunker Kaliadem Merapi di Pakem Sleman Yogyakarta sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Objek Wisata Bunker Kaliadem Merapi di Pakem Sleman Yogyakarta ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Objek Wisata Bunker Kaliadem Merapi di Pakem Sleman Yogyakarta.

Objek Wisata Bunker Kaliadem Merapi di Pakem Sleman Yogyakarta yang dulunya merupakan bumi perkemahan yang dilengkapi dengan fasilitas seperti basecamp pendakian, gardu pandang, warung-warung makan, toilet dan musholla sekarang ini bangunan-bangunan tersebut tertimbun dan hanya terlihat beberapa bagian dari atas bangunan yang pernah ada yang telah hancur.

Keganasan Merapi lainnya di lihat sebuah bunker tempat persembunyian relawan pada waktu itu. Sebenarnya banker tersebut dibangun untuk perlindungan bila sewaktu-waktu Merapi menyemburkan awan panas. Akan tetapi letusan pada tahun 2006 tersebut selain menyemburkan awan panas juga memuntahkan material berupa pasir dan bebatuan panas yang mampu menumbangkan Geger Boyo ( bukit yang berada di bagian selatan Merapi, sehingga menimbunn kawasan Kaliadem

Akibatnya material panas tersebut menimbun bunker setebal 3 m dengan panas sekitar 1000 ° C. Walaupun bunker tersebut dibuat dari beton setebal 25 cm dan pintu dari besi, akan tetapi panas yang diterima sangat besar sehingga bisa masuk kedalam yang mengakibatkan 2 relawan meninggal karena suhu panas. Seorang relawan ditemukan tewas berendam dalam bak mandi, sedangkan seorang lainnya tewas didepan pintu besi.

Kini bunker tersebut sudah dibersihkan dan dicat putih, di depan pintu bunker terdapat prasasti mengisahkan riwayat bunker tersebut. Kunjungan pada malam hari di Kaliadem akan sangat menarik karena wisatawan akandapat melihat lelehan lava pijar yang menuruni kubah lava. Hanya saja pemandangan ini dapat dilihat pada malam hari.

___________________________

Foto oleh : @karimanf
Dipilih : Moderator Mataponsel Jalanjalan
Ponsel : Samsung J5 Pro
Sumber : www.teluklove.com

_______________________________________

Tag foto traveling, explore atau jalan-jalan kamu dengan #MP_Jalanjalan #mataponsel serta follow @mp_jalanjalan, foto yang terpilih akan kami feature dan jangan lupa cantumkan nama lokasi dan keterangan foto kamu.

Happy Traveling!
Abadikan Indonesia dengan ponselmu!!

Info Jalanjalan Lainnya

0 komentar